var id = "865878f6bbd71d456ff2b70fee39ecdb90d35ef3"; class="post-template-default single single-post postid-64 single-format-standard no-slider content-r" layout='2'>

Waspada, 8 Gejala Pada Bayi Ini Wajib Konsultasi ke Dokter Bayi

Category: Kesehatan Comments: No comments

Penyakit bisa menyerang siapa aja, termasuk bayi. Meski sudah menjaga sebaik mungkin, tetapi penyakit bisa saja datang tanpa diundang. Namun, saat bayi sakit sangat sulit mencari tahu penyebabnya dikarenakan bayi hanya mampu berkomunikasi melalui tangisan. Apa sih perbedaan bayi menangis karena sakit dan bayi menangis karena lapar? Yuk cari tahu penjelasan berikut.

dokter bayi

Sudah seharusnya orang tua peka terhadap kondisi sang bayi, dikarenakan jika bayi menangis karena sakit ada beberapa gejala yang seharusnya tidak boleh diabaikan dan harus segara dibawa ke dokter bayi. Di bawah ini beberapa gejala tersebut.

  • Demam

Jika suhu tubuh bayi yang berusia kurang dari 4 bulan mencapai lebih dari 38  derajat celsius ini sangat berbahaya, dikarenakan demam pada bayi tidak boleh diabaikan. Sedangkan bayi yang berusia lebih dari 4 bulan orang tua harus memperhatikan gerak-gerik bayi selama demam. Akan tetapi, jika bayi tidak melakukan perubahan perilaku atau bayi aktif, tidak perlu khawatir.

  • Muntah

Mungkin bagi sebagian orang bayi muntah itu wajar-wajar saja, apalagi selama beberapa tahun pertama dia lahir. Namun, jika muntahan berwarna kuning atau hijau bukan lagi hal yang wajar. Bisa saja menandakan kelainan kongenital, usus yang tersumbat, dan penyumbatan mekonium.

  • Masalah di Pernapasan

Memperhatikan pernapasan bayi sangatlah penting. Bayi yang bernapas lebih keras dan cepat dari biasanya harus diwaspadai. Selain itu, perhatikan suara yang terdengar saat bernapas dan warna kulit pada bayi. Hal ini bisa menjadi pertanda kondisi seperti pneumonia, bronkitis, atau asma.

  • Minum Berlebihan

Sebagai orang tua harus warpada jika bayi terlalu banyak minum. Jika bayi terus menginginkan seteguk cairan akan lebih baik bicarakan langsung dengan dokter bayi tentang hal tersebut, dikarenakan ini bisa diakibatkan oleh diabetes tipe satu. Sedangkan gejala lain diabetes adalah perut cepat lapar, kelelahan, penurunan berat badan, dan frekuensi kemih.

  • Bibir Membiru

Gejala yang satu ini mungkin yang mudah terlihat. Bibir bayi yang membiru tentu bukan hal yang wajar, dikarenakan hal ini bisa disebabkan oleh masalah sirkulasi atau kekurangan oksigen dalam darah. Jika bayi menunjukkan warna biru pada kulit atau bibir kemungkinan besar mempunyai radang paru-paru, selain itu ada beberapa kemungkinan bayi juga mempunyai jantung atau asma. Akan tetapi, bibir berwarna biru bisa disertai kelelahan atau bahkan gejala neurologis lainnya.

  • Berdarah

Bayi mengalami pendarahan tidak berhenti karena sesuatu, maka tidak perlu ragu lagi untuk membawa bayi ke dokter bayi, dikarenakan dokter lebih tahu apa yang sebenarnya terjadi.

  • Berat Badan

Bukan hanya orang dewasa, bayi yang kehilangan lebih dari 7 persen berat badannya juga bukanlah hal yang wajar. Walaupun kehilangan berat badan bukanlah sebuah penyakit, tetapi dapat menjadi indikator masalah yang parah.

  • Buang Air Kecil

Buang air kecil mungkin bisa dikatakan wajar, tetapi jika ada nanah atau darah hal ini bisa mengarah ke infeksi saluran kencing.

Penjelasan di atas adalah beberapa gejala yang harus diwaspadai orang tua, dikarenakan jika orang tua lengah sedikit saja dapat berdampak buruk bagi bayi. Apabila mengalamo gejala-gajala yang sudaj dijelaskan. Sebagai orang tua harusnya tidak perlu ragu lagi untuk membawa bayi ke dokter, karena ini menyangkut keselamatan buah hati. Namun tidak perlu khawatir, orang tua juga bisa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter bayi di aplikasi klikdokter.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>